Bagaimana Pembagian Soal UN Berbasis Komputer?

13 April 2015 / 05:24:51 - Muhammad Mawahib, Dibaca: 1089 kali
bagaimana-pembagian-soal-un-berbasis-komputer

Jakarta - alamanahvocisBila Ujian Nasional (UN) berbasis kertas menggantungkan distribusi soal dari percetakan, tidak demikian halnya dengan UN berbasis komputer. Lantas bagaimana cara pembagian soalnya?

"Soalnya dikirimkan online ke server sekolah pada H-3 sampai H-1 UN," jelas Pelaksana Tugas Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemendikbud Ari Santoso saat dihubungi detikcom, Jumat (10/4/2015).

Soal itu dilengkapi enkripsi atau kode keamanan bertingkat untuk membukanya. Pada hari-H ujian, soal UN itu akan dibuka dengan kode khusus yang dipegang oleh programmer aplikasi dari Kemendikbud yang akan datang ke sekolah-sekolah UN komputer.

"Saat siswa membuka komputer, mereka mendapatkan soal yang sudah diacak secara sistem. Jadi bukan seperti soal paketan yang berisi 40 jenis soal, benar-benar acak," imbuhnya.

Saat siswa mengerjakan UN, server sekolah tak tersambung online dengan server Kemendikbud. Namun saat siswa sudah mengerjakan UN, hasilnya akan dikunci di server sekolah. Server sekolah kemudian disinkronkan dengan server Kemendikbud untuk mengirim hasil UN siswa.

"Karena ini bagi anak-anak pertama kali bagi mereka, saat gladi bersih, UN komputer ini lebih hemat 20-30 menit dibanding UN kertas. Karena nggak pakai mengisi biodata, menghitamkan dan sebagainya. Itu ada papan nomor soalnya, sehingga kalau masih ragu, bisa ke nomor yang soalnya belum dijawab," tandas Ari.

UN untuk SMA/SMK sederajat akan dilakukan pada 13-15 April 2015. Pengumuman hasilnya akan diumumkan 18 Mei 2015.
UN untuk SMP/sederajat akan dilakukan pada 4-6 Mei 2015. Pengumuman hasilnya akan keluar pada 10 Juni 2015.

Sumber : detik.com oleh Nograhany Widhi K